Calang – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Aceh Jaya menggelar kegiatan sosialisasi terkait penerapan persyaratan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) aktif dan BPJS aktif dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). Sosialisasi ini dilaksanakan di wilayah Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya, Sabtu, 5 Oktober 2024.

Kapolres Aceh Jaya, AKBP Andy Sumarta, melalui Kasat Lantas Polres Aceh Jaya, Iptu Muhamad Hisam, menjelaskan bahwa penerapan persyaratan tersebut mengacu pada Pasal 9 ayat 1 Perpol Nomor 2 Tahun 2023 tentang penerbitan dan penandaan SIM. Penerapan ini bertujuan untuk memastikan masyarakat terdaftar dan aktif dalam JKN dan BPJS sebagai bagian dari upaya memberikan perlindungan kesehatan kepada setiap pemohon SIM.

“Anggota Satlantas akan membantu masyarakat yang memerlukan perpanjangan BPJS agar status jaminan kesehatan mereka tetap aktif, terutama bagi pemohon SIM,” ujar Iptu Muhamad Hisam.

Lebih lanjut, Kasat Lantas menjelaskan bahwa masyarakat tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor BPJS Kesehatan yang mungkin jauh dari tempat tinggal mereka. Proses pengecekan status BPJS dapat dilakukan secara online di Satpas SIM Polres Aceh Jaya saat proses perekaman data SIM berlangsung.

Dalam sosialisasi ini, Satlantas Polres Aceh Jaya juga bekerja sama dengan Kantor BPJS Kesehatan Calang untuk melayani masyarakat yang belum memiliki BPJS Kesehatan. Layanan ini diberikan sebagai bentuk dukungan terhadap kesehatan masyarakat dan kepatuhan dalam berlalu lintas.

“Kerjasama dengan BPJS Kesehatan ini bertujuan agar seluruh masyarakat, khususnya pemohon SIM, dapat terlindungi oleh jaminan kesehatan,” tambahnya.

Kasat Lantas juga menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kepemilikan SIM serta mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan berkendara.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pentingnya kepemilikan BPJS Kesehatan aktif dalam proses pengurusan SIM, sekaligus mendorong kepatuhan terhadap aturan berkendara demi terciptanya keamanan dan keselamatan di jalan raya.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *